Sunday, January 26, 2014

Klasifikasi Penelitian menurut Metode

Klasifikasi Penelitian menurut Metode

• Penelitian Historis.: Penelitian yang meliputi kegiatan penyelidikan, pemahaman, penjelasaan keadaan yang telah lalu. 
• Penelitian Deskriptif.: untuk mengetahui nilai variabel mandiri, baik satu variabel (lebih) tanpa membuat perbandingan atau menghubungkan dengan variabel lain Penelitian ini meliputi pengumpulan data untuk diuji hipotesis atau menjawab pertanyaan mengenai status terakhir dari subjek penelitian. Beberapa hal yang termasuk yaitu pengumpulan data, mengolah data, menganalisis serta menyajikannya. 
Contoh :
> Tingkat produktivitas kerja karyawan PT. ABC 
> Kecenderungan masyarakat dalam mengkonsumsi makanan instan. 
> Analisis kinerja keuangan perusahaan perbankan.

• Penelitian Korelasional: Penelitian yang bertujuan apakah terdapat asossiasi antara dua variabel atau lebih serta seberapa jauh korelasi yang ada diantara variabel yang diteliti. Penelitian ini tidak menjelaskan sebab akibat melainkan menjelaskan apakah terdapat hubungan antara variabel yang diteliti. Penelitian untuk mengetahui hubungan antara dua variabel atau lebih. Fokus dari analisis ini adalah menemukan indeks yang menunjukkan seberapa kuat variabel X dan Y berhubungan yang dapat dijelaskan dengan jarak titik yang berpencar disekitar garis regresi. Contoh:
> Hubungan peningkatan volume penjualan dengan penggunaan penglaris. 
> Hubungan tinggi badan salesgirl dengan peningkatan penjualan. 
> Hubungan prestasi kerja dengan kepuasan kerja karyawan. 
> Hubungan kekayaan dengan tingkat kecerdasan.

• Penelitian kausal komparatif dan eksperimental.: Penelitian yang menunjukkan arah hubungan variabel bebas dengan variabel terikat disamping mengukur kekuatan hubungannya. Studi ini mempertanyakan masalah sebab‐akibat. Contoh:
􀂙 Pengaruh harga terhadap permintaan produk.
􀂙 Pengaruh keamanan politik terhadap kurs mata uang.
􀂙 Keinginan keluar kerja akibat kebijaksanaan gaji.

Ada 2 metode analisis kausalitas.:
􀂙 Kausalitas satu arah.
􀂙 Kausalitas dua arah.

Dalam penelitian eksperimental aktivitas atau karakteristik yang dipercaya menyebabkan perubahan yang disebut variabel bebas.sedangkan akibat dari perubahan disebut variabel terikat. Dalam studi eksperimental peneliti mengendalikan paling tidak satu varible bebas dan mengamati akibat yang terjadi kepada satu atau lebih variabel terikat. Adanya hubungan sebab‐akbat yang jelas dari hasil penelitian kausal komparatif tidaak terdapat pengendalian terhadap variabel bebas, hasil dari penelitian umumnyaa bersifat tentative.

Perbedaan antara Penelitian Korelasional dengan Kausal Komparatif.
• Kausal komparatif berupaya mengidentifikasi hubungan sebab‐ akibat sedangkan Korelasional mengukur kekuatan hubungan variabel yang diamati
• Kausal komparatif mencakup perbandingan sedangkan korelasional hanya mengukur korelasi.
• Kausal komparatif umumnya mencakup 2 atau lebih kelompok variabel dan 1 variabel independent sedangkan korelasional 2 varible independent.

variabel independent dalam kausal komparatif adalah variabel tidak bisa dimanipulasi ,Seharusnya tidak dimanipulasi dan tidak dimanipulasi tapi bisa dimanipulasi. Sedangkan studi Eksperiment adalah penelitian investigasi dengan kondisi yang terkendali dimana satu atau lebih variabel dapat dimanipulasiuntuk uji hipotesis.Tujuan dari penelitian ini adalah memungkinkan peneliti mengendalikan situasi penelitian sehingga hubugan kausal antar variabel dapat di evaluasi

Langkah‐ langkah studi Eksperimental.
􀂙 Pemilihan dan perumusan masalah
􀂙 Pemilihan objek penelitian dan instrument pengukurannya.
􀂙 Pemilihan desain penelitian.
􀂙 Pelaksanaan prosedur penelitian
􀂙 Analisis data
􀂙 Perumusan kesimpulan.

Dalam penelitian ini yang banyak digunakan adalah teknik Analisis Komponen Utama (PCA) dan teknik Analisis Faktorial (FA). Tujuannya adalah meringkas pola korelasi antar variabel, mengurangi jumlah variabel yang diobservasi dari jumlah yang diamati dari banyak ke yang sedikit, penelitian ini melibatkan 2 kelompok yaitu kelompok eksperimen dan kelompok control. kelompok eksperimen mendapat perlakuan baru yang sedang diteliti sedangkan kelompok control mendapat perlakuan yang berbeda.

semoga bermanfaat!

Baca juga :

Desain Penelitian

Penelitian

0 komentar:

Post a Comment