Catatan Untuk Penelitian/Skripsi


Hal-hal penting yang perlu diperhatikan dalam menulis skripsi khususnya menyusun proposal skripsi dan laporan penelitian skripsi.

1. Latar belakang masalah
Dalam menulis skripsi penting dan harus hati-hati dalam menemukan masalah atau fokus masalah penelitian.
Masalah muncul karena adanya gap atau kesenjangan antara harapan dan kenyataan. Masalah yang ada atau teridentifikasi sehingga menjadi keprihatinan peneliti agar dapat segera diselesaikan menjadi fokus penelitian.
2.  Rumusan masalah.
Dalam menulis skripsi masalah yang teridentifikasi dirumuskan dalam bentuk pertanyaan. Karena penelitian yang dilakukan adalah untuk menyelesaikan masalah.
3. Tujuan Penelitian
Dalam menulis skripsi penting untuk membuat tujuan penelitian dalam bentuk pernyataan yang dibuat untuk menjawab rumusan masalah. Tujuan penelitian harus dapat diukur dan realistis. Agar ketika penelitian telah selesai atau dilaporkan, jawaban atas rumusan masalah telah terselesaikan atau tujuan penelitian telah dicapai.
4. Tinjauan pustaka
Dalam menulis skripsi penting untuk melakukan tinjauan pustaka yang berisi Kajian Teori atau berisi teori untuk menjawab atau menyelesaikan masalah penelitian. Tinjauan Pustaka atau disebut juga Landasan ilmiah terdiri dari tiga tahap yaitu : (1) landasan teori , untuk mencari jawaban sementara secara ilmiah (2) landasan metodologi untuk membuktikan jawaban teoritik (3) landasan kecendiakawanan dalam menginterpretasikan hasil-hasil penelitian.
5.Metodologi
Yang penting diperhatikan dalam menulis skripsi adalah menentukan data apa saja yang harus dikumpulkan untuk menjawab atau menyelesaikan masalah penelitian. Alat ukur dan teknik pengukurannya. Dalam hal ini instrumen pengumpulan data dan teknik pengumpulan data. Setelah data terkumpul dianalisis bagaimana? Penting untuk menentukan teknik analisis data, karena hasil ini akan diintepretasikan atau dibahas.
6. Kesimpulan
Dalam menulis skripsi penting untuk membuat kesimpulan dan harus menjawab rumusan masalah atau telah mencapai tujuan penelitian. Itu sebabnya tujuan penelitian harus realistis dan dapat diukur.

Waktu yang diberikan untuk presentasi biasanya 10-15menit. Apa saja yang harus dipresentasikan.

Untuk Proposal.
Masalah >>> Rumusan Masalah >>> Tujuan Penelitian >>> Landasan teori untuk mencari jawaban dan landasan teori metodologi >>> Metodologi untuk penelitian deskriptif (Deskripsi subjek, lokasi dan berapa lama penelitian, Data yang dikumpulkan, instrumen, teknik pengumpulan, teknik analisis data).

Seminar Hasil.
Rumusan masalah>>>Tujuan>>>Landasan teori untuk mencari jawaban dan landasan teori metodologi >>> Metodologi (poin-poinnya saja karena sudah diseminarkan waktu proposal) (5menit) >>> fokuskan pada hasil temuan dan intepretasi hasil analisis data>>>kesimpulan.

Semoga Bermanfaat.

Share:

Post Populer

BERLANGGANAN

ANGGOTA

Post Terbaru