TINJAUAN PUSTAKA DALAM PROPOSAL PENELITIAN SKRIPSI

Tinjauan Pustaka atau Landasan ilmiah dalam proposal penelitian skripsi tersusun dalam tiga tahap yaitu :
1. landasan teori, untuk mencari jawaban sementara secara ilmiah
2. landasan metodologi untuk membuktikan jawaban teoritik
3. landasan kecendiakawanan dalam menginterpretasikan hasil hasil penelitian.

Tinjauan pustaka, atau studi literatur dalam proposal penelitian skripsi merupakan langkah penting di dalam penelitian tersebut. Langkah ini meliputi identifikasi, lokasi, dan analisis dari dokumen yang berisi informasi yang berhubungan dengan permasalahan penelitian skripsi secara sistematis. Teori‐teori akan memberikan landasan dan pengarahan terhadap penelaahan permasalahan penelitian skripsi. Kecanggihan suatu penlitian skripsi diantaranya terletak pada landasan teori yang digukan untuk memecahakan permasalahan penelitian skripsi tersebut.

Tujuan utama dari tinjauan pustaka ini adalah untuk melihat apa saja yang pernah dilakukan sehubungan dengan masalah yang diteliti. Selain menghindarkan diri dari duplikasi penelitian skripsi, tinjauan pustaka juga dapat menghasilkan pengertian yang lebih jauh tentang permasalahan yang diteliti. Melalui langkah ini penyusunan hipotesis juga lebih baik karena pemahaman permasalahan yang diteliti akan lebih mendalam.

Strategi penelitian skripsi juga lebih baik apabila peneliti menempuh langkah ini. Dengan mengetahui penelitian skripsi yang telah dilakukan, penelitian akan dapat menghindarkan diri dari kekurangan yang ada pada peneliti sebelumnya. Di samping itu dengan mengetahui berbagai penelitian yang sudah ada, peneliti akan menjadi lebih tajam dalam melakukan interpretasi hasil penelitian.

Bagi peneliti pemula, kesulitan yang timbul adalah sejauh mana tinjauan pustaka ini harus dilakukan. Tidak ada kriteria yang tegas mengenai hal ini. Namun tiga hal berikut dapat dipertimbangkan sebagai masukan untuk menentukan seberapa jauh tinjauan pustaka perlu dilakukan:
• Semakin banyak tinjauan pustaka tidak selalu semakin baik Fokus terhadap area penelitian yang lebih diutamakan
• Bidang penelitian yang telah sering dilakukan memerlukan fokus yang lebih terpusat dari pada area baru dimana penelitian masih jarang dilakukan
• Sebaliknya apabila penelitian yang dilakukan adalah pada bidang yang belum atau masih jarang dilakukan penelitian, pembatasan fokus menjadi agak lebar

Persiapan
Beberapa hal berikut sebaiknya diketahui sebelum mulai melaksanakan tinjauan pustaka:
• Prosedur dan aturan yang berlaku unuk menggunakan perpustakaan.
• Kelengkapan pustaka dan pelayanan yang tersedia
• Tersediannya data spesifik tentang permasalahan pendidikan dan pembelajaran yang terkait dengan penelitian yang dilakukan.

Sumber Tinjuan Pustaka atau Daftar Pustaka
Pada umumnya terdapat banyak sumber pustaka yang dapat dipergunakan dalam penelitian skripsi, misalnya, buku teks, jurnal, dan berbagai macam artikel pendidikan dan pembelajaran. Pencarian data dapat dilakukan melalui mesin pencari, seperti:
• Yahoo http://www.yahoo.com
• Google http://www.google.com
• Kampus Digital http://www.kampus-digital.com
Dokumen ini meliputi jurnal, abstrak, tinjauan, buku, data statistik, dan laporan penelitian yang relevan. Landasan teoritik yang kuat terarah tersusunnya hipotesis penelitian yang dapat diandalkan.

Semoga bermanfaat!

Baca juga:

Kerangka Teoritis

Share:

No comments:

Post a Comment

Post Populer

BERLANGGANAN

ANGGOTA

Post Terbaru