Kampus Digital Program Studi Pendidikan Kimia Universitas Palangka Raya Menuju Era Revoulusi Indutri 4.0

PEMAHAMAN KONSEP PEREAKSI PEMBATAS HASIL PEMBELAJARAN KIMIA MENGGUNAKAN LKS-INDUKTIF PADA SISWA KELAS X

9772087166009

Volume 10, Nomor 01, Januari - Juni 2019
ISSN: 2087‒166X
JURNAL ILMIAH KANDERANG TINGANG

PEMAHAMAN KONSEP PEREAKSI PEMBATAS HASIL PEMBELAJARAN KIMIA MENGGUNAKAN LKS-INDUKTIF PADA SISWA KELAS X

 

Ike Valentie

Guru Kimia SMAN 1 Palangka Raya, Provinsi Kalimantan Tengah
Email: ike.valentie@yahoo.co.id

Abstrak :Materi atau konsep pereaksi pembatas merupakan bagian dari stoikiometri. Ini berarti bahwa untuk mempelajari materi pereaksi pembatas siswa harus sudah memahami dan menguasai konsep prasyarat yakni rumus kimia, persamaan kimia dan konsep mol. Penelitian ini bertujuan untuk: mendeskripsikan pemahaman konsep siswa SMA Negeri 1 Palangka Raya mengenai pereaksi pembatas sebelum dan sesudah pembelajaran menggunakan LKS-induktif. Penelitian ini melibatkan 68 siswa kelas X MIPA-1 dan X MIPA-4 SMA Negeri 1 Palangka Raya. Instrumen yang digunakan adalah lembar soal pretes dan postes, LKS-Induktif. Data dikumpulkan melalui tiga tahap yaitu pretes, pelaksanaan pembelajaran dengan penggunaan LKS-Induktif, dan postes. Data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemahaman konsep pereaksi pembatas siswa saat pretes adalah 3,36% dan pemahaman konsep siswa  saat postes adalah 69,32%. Perubahan pemahaman konsep siswa meningkat sebesar 65,96% dapat diklasifikasikan ke dalam kategori baik. Secara rinci pemahaman konsep pereaksi pembatas siswa sebagai berikut: a) pemahaman konsep mendefinisikan pengertian pereaksi pembatas  sebesar 52,58%; (b) pemahaman konsep menentukan pereaksi pembatas sebesar 69,32%.

Kata kunci: LKS-Induktif, Pemahaman Konsep, Pereaksi Pembatas


DAFTAR RUJUKAN
Anderson, L.W. & Krathwhol, D.R. (2010). Kerangka landasan pembelajaran, pengajaran dan asesmen. Judul asli: a taxonomy for learning, teaching and assessing: a revision of Bloom’s taxonomy of educational objectives. Penerjemah: Agung Prihantoro. Pustaka Pelajar.
Ningrum, E. S. (2011). Pengaruh Pemberian LKS Analogi Terhadap Pemahaman Konsep Pereaksi Pembatas pada Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri 2 Palangka Raya. Skripsi. Tidak diterbitkan, Universitas Palangkaraya.
Rivai, Samsiar (2011). Pengetahuan Konseptual Dan Prosedural Dalam Pembelajaran Perkalian Bilangan Pecah  Desimal Berdasarkan  Paham Konstruktivisme Pada  Siswa  SD Kelas  V. Diambil pada tanggal 17 Juli 2016, dari ejurnal.fip.ung.ac.id/index.php/PDG/article/viewFile/265/259
Uno, Hamzah. (2007). Model Pembelajaran Menciptakan Proses Belajar yang Kreatif dan Efektif. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Share:

No comments:

Post a Comment

Statistik Pengunjung

Post Populer

BERLANGGANAN

ANGGOTA

Post Terbaru