Program Studi Pendidikan Kimia Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Palangka Raya

Pengukuran dalam Penelitian Kimia

1.7. Pengukuran dalam Penelitian Kimia

POSTED BY : NOPRIAWAN BERKAT ASI
Pengukuran digunakan ahli kimia untuk mendapatkan data. Instrumen memungkinkan kita untuk mengukur sifat zat, misalnya meteran; buret, pipet, labu ukur dan volumetrik (Gambar 1.8); neraca massa; termometer. Instrumen ini memberikan hasil pengukuran sifat makroskopik, yang dapat ditentukan secara langsung. sifat mikroskopis, pada skala atom atau molekul, harus ditentukan dengan metode tidak langsung, seperti yang akan kita lihat pada Bab 2.

Sebuah kuantitas yang diukur biasanya ditulis sebagai bilangan dengan satuan yang sesuai. Untuk mengatakan bahwa jarak antara Palangka Raya dan Sampit dengan mobil sepanjang rute tertentu adalah 416 km. Kita harus menentukan bahwa jarak tempuhnya 416 kilometer. Hal yang sama berlaku dalam kimia; satuan sangat penting untuk menyatakan pengukuran dengan benar.

Selama bertahun-tahun, para ilmuwan mencatat pengukuran dalam satuan metrik, dalam bentuk desimal atau pun pangkat dari 10. Pada tahun 1960, konferensi internasional untuk menyepakati satuan, mengusulkan sistem metrik perlu direvisi kemudian disebut Sistem Satuan Internasional (disingkat SI, Tabel 1.2 menunjukkan tujuh satuan pokok SI. Semua satuan lain pengukuran dapat diturunkan dari satuan pokok tersebut. Seperti satuan metrik, satuan SI yang modifikasi dalam mode desimal dengan serangkaian prefiks, seperti yang ditunjukkan pada Tabel 1.3. Kita akan menggunakan keduanya, satuan metrik dan SI dalam blogbook ini.

Pengukuran yang kita akan sering manfaatkan dalam penelitian kimia meliputi waktu, massa, volume, kepadatan, dan suhu.
Gambar 1.8 Beberapa perangkat pengukur yang umum ditemukan di laboratorium kimia. Perangkat ini tidak digambar dengan skala relatif terhadap satu sama lain. Kita akan membahas penggunaan perangkat pengukuran pada Bab 4.



Massa dan Berat
Istilah "massa" dan "berat" sering digunakan secara bergantian, meskipun, tegasnya, keduanya berbeda.Massa adalah ukuran dari jumlah materi dalam suatu objek, sedangkan berat secara teknis, adalah gaya gravitasi yang diberikannya pada objek. Apel yang jatuh dari pohon ditarik ke bawah oleh gravitasi bumi. Massa apel adalah konstan dan tidak tergantung pada lokasi, tetapi berat tergantung pada nilai gravitasi lokasi objek. Sebagai contoh, pada permukaan bulan apel akan memiliki berat hanya seperenam dari beratnya di Bumi, karena gravitasi bulan hanya seperenam dari Bumi. Gravitasi bulan yang lebih kecil memungkinkan astronot untuk melompat lebih bebas pada permukaannya. Kimiawan tertarik terutama dalam massa, yang dapat ditentukan dengan mudah dengan keseimbangan; proses pengukuran massa, anehnya, disebut berat.

Satuan SI untuk massa adalah kilogram (kg). Berbeda dengan satuan panjang dan waktu, yang didasarkan pada proses alami yang dapat diulang oleh para ilmuwan di mana saja, kilogram adalah ditetapkan dalam hal objek tertentu (Gambar 1.9). Dalam kimia, namun, lebih kecil gram (g) lebih nyaman:

1 kg 1000 g × 103 g

#
Volume
Satuan SI untuk panjang adalah meter (m), dan satuan SI yang diturunkan untuk volume adalah meter kubik (m3). Umumnya, ahli kimia bekerja dengan volume yang lebih kecil, seperti sentimeter kubik (cm3) dan desimeter kubik (dm3):

1 cm3 = (1x 10-2 m)3 = 1 x 10-6 m3
1 dm3 = (1x 10-1 m)3 = 1 x 10-3 m3

Satuan lain yang umum untuk volume adalah liter (L). Satu liter adalah volume yang ditempati oleh satu desimeter kubik (dm3). Satu liter volume sama dengan 1.000 mililiter (ml) atau 1000 cm3:


1 L        1000 mL
1000 cm3

1 dm3

dan satu mililiter sama dengan satu sentimeter kubik:

1 mL 1 cm3

Gambar 1.10 membandingkan ukuran relatif dari dua volume. Meskipun liter bukan satuan SI, volume biasanya dinyatakan dalam liter dan mililiter.

Massa jenis atau densitas
Persamaan untuk massa jenis


#
di mana d, m, dan V masing-masing menunjukkan, massa jenis, massa, dan volume. Karena massa jenis adalah sifat intensif dan tidak tergantung pada kuantitas massa, untuk zat tertentu, rasio massa berbanding volume selalu tetap sama; dengan kata lain, V meningkat jika m meningkat. Massa jenis biasanya berubah dengan perubahan suhu.

Satuan SI yang diturunkan untuk massa jenis adalah kilogram per meter kubik (Kg/m3). Satuan ini agak besar untuk sebagian besar aplikasi kimia. Oleh karena itu, gram per sentimeter kubik (g/cm3) yang setara dengan gram per mililiter (g/mL), yang lebih umum digunakan untuk massa jenis padat dan cair. Karena massa jenis gas seringkali sangat rendah, kita mengungkapkannya dalam satuan gram per liter (g / L):

1 g/cm3 1 g/mL 1000 kg/m3

1 g/L 0.001 g/mL

Tabel 1.4 daftar massa jenis beberapa zat.

Skala Suhu
Tiga skala suhu yang digunakan. dengan satuan °F (derajat Fahrenheit), °C (derajat Celcius), dan K (Kelvin). Skala Fahrenheit, yang merupakan skala yang paling umum digunakan di Amerika Serikat di luar laboratorium, menentukan titik beku dan titik didih normal air persis 32°F dan 212 °F. Skala Celsius membagi rentang antara titik beku (0 °C) dan titik didih (100 °C) air. Tabel 1.2 menunjukkan, kelvin adalah satuan dasar SI suhu: merupakan skala suhu mutlak. Mutlak berarti bahwa nol pada skala Kelvin, dilambangkan dengan 0 K, adalah suhu terendah yang dapat dicapai secara teoritis. Di sisi lain, 0 °F dan 0 °C didasarkan pada perilaku air. Gambar 1.11 membandingkan tiga skala suhu.

#
Gambar 1.11 Perbandingan dari tiga skala suhu: Celsius, dan Fahrenheit, dan skala mutlak (Kelvin). Perhatikan bahwa ada 100 divisi, atau 100 derajat, antara titik beku dan titik didih air pada skala Celsius, dan ada 180 divisi, atau 180 derajat, antara dua batas suhu yang sama pada skala Fahrenheit. Skala Celsius sebelumnya disebut skala Centigrade.



Ukuran derajat pada skala Fahrenheit hanya 100/180, atau 5/9, dari tingkat pada skala Celsius. Untuk mengkonversi derajat Fahrenheit ke derajat Celsius, kita tuliskan


Persamaan berikut digunakan untuk mengkonversi derajat Celsius ke derajat Fahrenheit:


Baik Celcius dan Kelvin memiliki satuan yang sama besarnya; yaitu, satu derajat Celsius setara dengan satu kelvin. penelitian eksperimental telah menunjukkan bahwa nol mutlak pada skala Kelvin setara dengan -273,15 °C pada skala Celsius. Dengan demikian, kita dapat menggunakan persamaan berikut untuk mengkonversi derajat Celsius ke Kelvin:


Kita akan sering menjumpai untuk mengkonversi antara derajat Celcius dan derajat Fahrenheit dan antara derajat Celsius dan Kelvin.
Skala dan satuan sangat penting untuk pengukuran dalam penelitian kimia.
<<<1.6                                                                                                  1.1>>>
Share:

No comments:

Post a Comment

Pengembang

Pengembang

Statistik Pengunjung

Post Populer

ANGGOTA

Ads

Post Terbaru