Program Studi Pendidikan Kimia Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Palangka Raya

ANALISIS DATA

Analisis data merupakan tahapan yang kritis dalam proses penelitian bisnis dan ekonomi. Tujuan utamanya adalah menyediakan informasi untuk memecahkan masalah. Oleh karena itu setiap tahapan analisis data harus dimulai dengan tahap pra analisis, yang mencakup klasifikasi, penyuntingan (editing), dan pemberian kode terhadap data.
Pada dasarnya proses pra analisis menggunakan peralatan elektronik dan manual untuk meyakinkan bahwa data yang dikumpulkan telah ’’ dibersihkan’’ sebelum dianalisis. Hasil pembersihan adalah berkurangnya ketidaktepatan dan kesalahan dalam data. Tahapan pra‐analisis meliputi:
1. penyuntingan data;
2. pengembangan variable;
3. pengkodean data;
4. cek kesalahan;
5. pembentukan struktur data;
6. pra analisis cek computer;
7. tabulasi.

Peyuntingan data
Penyuntingan data merupakan proses yang bertujuan agar data yang dikumpulkan memberikan kejelasan, dapat dibaca, konsisten dan komplet. Penyuntingan data agar jelas dan tebaca akan membuat data dengan mudah dapat dimengerti. Editor akan melihat ada tidaknya ambiguitas dalam data yang dikumpulkan. Tulisan tangan yang menimbulkan salah tafsir perlu diperjelas. Dalam kasus wawancara personal, pewawancara dapat dipanggil untuk memecahkan masalah penyuntingan. Penyuntingan instrument survey, karena salah klasifikasi dan salah jawaban, merupakan tanggung jawab penyunting.

Pengembangan Variabel
Dalam praktek, peneliti seringkali tertarik untuk menciptakan indeks, variable komposit, atau melakukan transformasi variable berdasarkan data dasar. Variabel ini berguna untuk analisis tertentu yang berkaitan dengan tujuan studi. Pengembangan variable dapat berupa transformasi matematika atau prosedur statistic atau analitik yang terencana terhadap sejumlah data dasar.

Pengkodean Data (Data Coding)
Pengkodean data berarti menerjemahkan data kedalam kode, biasanya kode angka , yang bertujuan untuk memindahkan data tersebut ke dalam media penyimpanan data dan analisis komputer lebih lanjut. Pemindahan variable dalam kode akan mempermudah analisis statistic. Oleh karena itu dalam pembuatan kuesioner perlu dipikirkan bagaimana teknik pengkodeannya.

Cek Kesalahan
Cek kesalahan bertujuan untuk meyakinkan bahwa semua tahapan pra‐analisis sebelumnya telah dilakukan dengan benar, serta untuk mengecek kembali data yang telah diberi kode agar tidak terjadi salah pengetikan. Pengecekan ini dilakukan secara manual.

Pembentukan Struktur Data
Struktur data disusun untuk memasukkan semua data yang dibutuhkan untuk analisis dan kemudian mentransfernya ke dalam media penyimpanan data. Dengan kata lain, struktur data adalah cara bagaimana informasi responden ditempatkan dalam media penyimpanan.

Pra‐Analisis Cek Komputer
Pada tahap ini data yang disimpan perlu dicek kembali baik kekompletan maupun konsistensinya. Hal ini dilakukan dengan menampilkan tabulasi frekuensi. Cek computer dalam proses pra‐analisis yang lain adalah mengecek perngkat lunak yang digunakan untuk menilai ketepatan dan keandalan perangkat lunak tersebut.

Tabulasi
Tabulasi menyajikan hitungan frekuensi dari satu hal (analisis frekuensi) atau perkiraan numerik tentang distribusi sesuatu (analisis deskriptif). Tabulasi bermanfaat sebagai alat untuk menyusun kategori ketika mengubah variable interval menjadi klasifikasi nominal untuk mendeskripsikan jumlah individu yang menjawab pertanyaan tertentu. Selain itu tabulasi digunakan juga untuk menciptakan statistic deskritif mengenai variable‐variabel yang diamati atau tabulasi silang.

Berikut ini disajikan Tabel dalam memilih alat analisis :
a.Ukuran‐Ukuran Statistik Untuk Berbagai Skala Pengukuran
b.Analisis Uji Beda Untuk Berbagai Skala Pengukuran
c. Analisis Statistik Multivariat Untuk Model Interdependen
d.Analisis Statistika Multivariat Untuk Model Dependen
e.Analisis Korelasi Untuk Berbagai Skala Pengukuran

f.Analisis Uji Beda Untuk Berbagai Skala Pengukuran


Baca juga:


Analisis Deskriptif




Share:

No comments:

Post a Comment

Pengembang

Pengembang

Statistik Pengunjung

Post Populer

ANGGOTA

Ads

Post Terbaru