Program Studi Pendidikan Kimia Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Palangka Raya

Pengembangan website untuk e-learning (pembelajaran berbasis web)

Pengembangan website untuk e-learning (pembelajaran berbasis web) dapat mengikuti Web Development Life Cycle (WDLC). Brinck dalam Sutopo (2012: 158) menjelaskan bahwa beberapa tahap dalam pengembangan web antara lain:

Requirement Analysis
Merupakan tahap perencanaan segala sesuatu yang dibutuhkan website. Mulai dari tujuan, penyelesaian masalah, target pengguna, serta hal-hal lainnya sedetail mungkin. Perencanaan website ini sangat penting untuk pengembangan kedepannya karena semua kegiatan yang akan dilakukan menyangkut website berpedoman pada tahap perencanaan yang matang ini.
Conceptual Design
Tahap dimana desain awal website secara umum dibuat. Dalam tahap ini juga dibuat komponen-komponen dasar yang akan membangun website nantinya. Dalam tahap ini perlu memperhatikan fungsionalitas masing-masing komponen yang akan membangun website, fokus desain ditujukan pada perintah (command) dan bagaimana perintah pada website tersebut akan dikerjakan.
Mockup and Prototype
Pada tahap ini dibuat desain pasti terutama layout dan tampilan website serta sistem dasar yang membangunnya. Pada tahap ini terdiri dari 2 pekerjaan yaitu:
  • Mockup. Merupakan desain atau sketsa visual dari tampilan website yang akan dibangun nantinya. Proses ini membutuhkan desain grafis yang akan dibuat sesuai apa yang akan ditampilkan. Sketsa tampilan dibuat semirip mungkin dengan rencana tampilan website yang sudah dibayangkan dan direncanakan sebelumnya.
  • Prototype. Merupakan desain sistem atau platform yang akan dijalankan pada website nantinya. Software dan komponen yang dibutuhkan harus disediakan sehingga sistem dapat berjalan dengan baik dan tidak menimbulkan error yang berarti
Production
Tahap pembangunan website. Perencanaan dan persiapan yang telah dilakukan disusun dan dikerjakan sesuai dengan tahap-tahap sebelumnya. Dalam tahap ini juga dilakukan uji coba agar semua yang sudah dibangun berjalan dengan semestinya juga untuk memperbaiki kesalahan yang ditemukan.
Masih terdapat satu tahap lagi yaitu Evaluation. Tahap ini merupakan tahap penilaian dari apa-apa saja yang sudah dikerjakan. Tahap evaluasi ini juga perlu dilakukan di akhir setiap tahap sebelum tahap selanjutnya dikerjakan. Hal ini perlu dilakukan agar tahap yang sudah dikerjakan benar-benar dilakukan dengan baik dan memeriksa hal-hal yang kurang.
Pengembangan web e-learning merupakan proses yang komplek karena memang untuk tujuan pembelajaran. Pengembangan website dengan tahap-tahap diatas perlu dilakukan agar web e-learning dapat berjalan dengan baik.
Tidak hanya dapat berjalan dengan baik saja, sangat penting juga agar website memiliki desain yang menarik, sederhana, memiliki fitur yang lengkap, serta dapat digunakan pengguna dengan mudah. Dengan memiliki kelebihan itu semua, pengguna tidak akan dipusingkan dengan tampilan dan komponen penyusun website sehingga dapat belajar dengan lancar melalui website e-learning.
Share:

No comments:

Post a Comment

Pengembang

Pengembang

Statistik Pengunjung

Post Populer

ANGGOTA

Ads

Post Terbaru