Analisis Materi Ajar merupakan suatu keharusan

Analisis Materi Ajar merupakan suatu keharusan bagi seorang pengajar. Tidak boleh seorang pengajar memberikan materi ajar secara sembarangan kepada peserta didiknya. Pertimbangkan ilustrasi berikut, mungkin akan membantu, jika seorang pasien pergi ke dokter lalu dokter bertanya tentang keluhan pasien, maka berdasarkan data yang diperoleh tersebut dokter akan memeriksa si pasien, kemudian dokter akan menganalisis dan mendiagnosis sakit yang diderita si pasien. Dokter akan memberi resep obat dan beberapa hal yang harus diperhatikan oleh pasien. Dokter sebagai seorang profesional dibidangnya tidak boleh sembarangan dalam memberikan obat kepada si pasien. Nah, demikian pula seorang pengajar sebagai seorang profesional dibidangnya tidak boleh sembarang memberikan materi ajar kepada peserta didiknya.

Beberapa hal yang dapat membantu pengajar dalam memeriksa materi ajar, sebagai berikut:
1. Materi ajar yang berlaku atau dapat diterima hanya pada zaman itu.
Contoh: model atom Dalton pada awal abad ke-19

2. Materi ajar yang berlaku atau dapat diterima sampai sekarang.
Contoh: hukum kekekalan massa, hukum perbandingan tetap

3. Kontekstual
Contoh: atom adalah partikel terkecil yang tidak dapat dibagi lagi. Dalam konteks reaksi sederhana tentu pernyataan ini dapat diterima, tetapi dalam konteks reaksi inti pernyataan ini tidak berlaku karena atom dipecah menjadi partikel-partikel inti (proton dan neutron).

4. Penerima materi ajar.
- kepada siapa materi itu disampaikan?
- kapan materi itu disampaikan?
-untuk apa materi itu disampaikan?
-bagaimana materi itu disampaikan?
-apa hasil yang diharapkan dan apa implikasinya bagi si penerima?
Share:

5 comments:

  1. Menurut saya, analisis adalah aktivitas yang memuat sejumlah kegiatan seperti mengurai, membedakan, memilah sesuatu untuk digolongkan dan dikelompokkan kembali menurut kriteria tertentu kemudian dicari kaitannya dan ditaksir maknanya, analisis juga kegiatan berfikir untuk menguraikan suatu keseluruhan menjadi komponen sehingga dapat mengenal tanda-tanda komponen, hubungannya satu sama lain dan fungsi masing-masing dalam satu keseluruhan yang terpadu.

    ReplyDelete
  2. Menurut saya, analisis materi ajar merupakan suatu penelaahan secara mendalam dan sistematis terhadap bahan ajar, Baik itu dilakukan oleh si pengajar maupun yang pelajar. Analisis juga dapat diartikan Juga penguraian suatu pokok materi materi ajar atas berbagai bagiannya dan penelaahan bagian itu sendiri serta hubungan antarbagian untuk memperoleh pengertian yang tepat dan pemahaman arti keseluruhan.

    ReplyDelete
  3. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  4. Selamat malam Bapak. Menurut saya, analisis merupakan langkah utama dari proses perencaan yang memuat kegiatan memilah, mengurai, membedakan, dan mengamati secara mendetail sesuatu untuk dapat dengan mudah digolongkan dan dikelompokkan menurut kriteria tertentu. Yang kemudian, dicari keterkaitan makna di dalamnya untuk mengetahui kejadian sebenarnya. Analisis materi ajar artinya kegiatan atau langkah utama seorang pengajar untuk dapat memilah, mengurai, membedakan, dan mengamati secara mendetail materi ajar yang akan disampaikan kepada peserta didik untuk dapat dengan mudah dikelompokkan menurut kriteria tertentu agar tidak terjadi miskomunikasi dalam mencari keterkaitan makna dan maksud dari materi ajar untuk mencapai tujuan pembelajaran. Yakni dengan memperoleh pemahaman atau kesimpulan yang utuh dan mendalam.

    ReplyDelete

  5. index:obatviagrajakarta.net
    index:www.jualmaxman.com/cialis-50-mg
    index:www.obatkuatcialis.id

    ReplyDelete

Post Populer

BERLANGGANAN

ANGGOTA

Post Terbaru