Saturday, July 29, 2017

Teori Belajar Gagne

Teori belajar yang disusun Gagne merupakan perpaduan yang seimbang antara behaviorisme dan kognitivisme yang berpangkal pada teori belajar yang memproses informasi. Menurut Gagne, cara berpikir seseorang tergantung pada: (1) keterampilan yang telah dimilikinya, (2) keterampilan serta hierarkhi yang diperlukan untuk mempelajari suatu tugas. Selanjutnya Gagne mengemukakan bahwa di dalam proses belajar terdapat dua fenomena, yaitu: (1) keterampilan intelektual yang meningkat sejalan dengan meningkatnya umur serta latihan yang diperoleh individu, (2) belajar akan lebih cepat apabila strategi kognitif dapat dipakai dalam memecahkan masalah secara lebih efisien.

Teori belajar Gagne mengemukakan adanya lima macam hasil belajar, yaitu:

  1. Keterampilan intelektual atau pengetahuan prosedural yang mencakup belajar diskriminasi, konsep, prinsip, dan pemecahan masalah, yang kesemuanya diperoleh melalui materi yang disajikan di sekolah.
  2. Strategi kognitif, yaitu kemampuan untuk memecahkan masalah baru dengan jalan mengatur proses internal masing-masing individu dalam memperhatikan, mengingat dan berpikir.
  3. Informasi verbal, yaitu kemampuan untuk medeskripsikan sesuatu denga kata-kata dengan jalan mengatur informasi-informasi yang relevan.
  4. Keterampilan motorik, yaitu kemampuan untuk melaksanakan dan mengkoordinasikan gerakan-gerakan yang berhubungan dengan otot.
  5. Sikap, yaitu suatu kemampuan internal yang mempengaruhi tingkah laku seseorang yang didasari emosi, kepercayaan-kepercayaan serta faktor intelektual.

Belajar menurut Gagne tidak merupakan sesuatu yang terjadi secara alamiah, tetapi hanya akan terjadi dengan adanya kondisi tertentu, yaitu kondisi (1) internal, menyangkut kesiapan peserta didik dan apa yang telah dipelajari sebelumnya (prerequisite), serta (2) eksternal, yang merupakan situasi belajar dan penyajian stimuli yang secara sengaja diatur oleh guru dengan tujuan memperlancar proses belajar. Tiap-tiap jenis hasil belajar tersebut memerlukan kondisi-kondisi tertentu yang perlu diatur dan dikontrol.

Hasil-hasil belajar tersebut dapat diperoleh melalui tipe belajar tertentu. Menurut Gagne ada delapan tipe belajar, yaitu:
1. Belajar isyarat (signal)
2. Belajar stimulus respons
3. Belajar rangkaian
4. Belajar asosiasi verbal
5. Belajar diskriminasi
6. Belajar konsep
7. Belajar aturan, dan
8. Belajar pemecahan masalah

0 komentar:

Post a Comment