Monday, April 3, 2017

Metode Mengajar atau Metode Pembelajaran

Metode Mengajar atau Metode Pembelajaran

A. Pengertian Metode Mengajar atau Metode Pembelajaran
Metode secara hurufiah berarti cara. Dalam istilah umum, metode diartikan sebagai suatu cara atau prosedur yang digunakan untuk mencapai tujuan tertentu. Kata mengajar dapat diartikan sebagai memberi pelajaran.

Metode mengajar adalah cara-cara yang dipakai untuk menyajikan bahan pelajaran kepada siswa untuk tercapainya tujuan yang telah ditetapkan. Guru harus bijaksana dalam memilih metode mengajar, selain itu guru juga harus menguasai atau terampil dalam menggunakan metode mengajar yang dipilihnya. Pemilihan metode berkaitan langsung dengan dengan usaha-usaha guru dalam menampilkan pengajaran yang sesuai dengan situasi dan kondisi sehingga pencapaian tujuan pengajaran diperoleh secara optimal. Oleh karena itu, salah satu hal yang sangat mendasar untuk dipahami guru adalah bagaimana memahami kedudukan metode sebagai salah satu komponen bagi keberhasilan kegiatan belajar mengajar yang sama pentingnya dengan komponen-komponen lain dalam keseluruhan komponen pendidikan.

Menurut Djamarah (1995), metode memiliki kedudukan
1. Sebagai alat motivasi ekstrinsik dalam kegiatan belajar mengajar.
2. Mensiasati perbedaan individual peserta didik
3. Untuk mencapai tujuan pembelajaran

Makin tepat metode yang digunakan oleh guru dalam mengajar, diharapkan makin efektif juga pencapaian tujuan pembelajaran. Tentunya faktor-faktor lain pun harus diperhatikan juga, seperti faktor guru, faktor peserta didik, faktor situasi (lingkungan belajar), media dan lain-lain.

Oleh karena itu, fungsi metode mengajar tidak dapat diabaikan karena metode mengajar tersebut turut menentukan berhasil tidaknya suatu proses belajar mengajar dan merupakan bagian yang integral dalam suatu sistem pengajaran.

0 komentar:

Post a Comment