Wednesday, April 5, 2017

MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS WEB

MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS WEB
MATERI SISTEM KOLOID

Disusun Untuk Memenuhi Tugas Mata Kuliah Pembelajaran Kimia Berbasis Komputer
  

KELOMPOK 7
1. ANGGOTA KELOMPOK:
2. ALQODRRIANTO ( ACC 115 030 )
3. DEWI SISKA YULIANA ( ACC 113 019 )
4. IGNATIUS GANTINO P ( ACC 115 004 )
5. KURNIAWATI SUNDARI ( ACC 115 005 )
6. RIA AMELIA ( ACC 115 044 )
7. RISKA MEILANI S ( ACC 115 031 )
8. SITI FATIMAH INDAH SARI ( ACC 115 036 )
9. SRI AMALIA ( ACC 115 052 )

DOSEN PENGAMPU:
NOPRIAWAN BERKAT ASI,  S.Si, M,Pd
Drs. ARIFIN M,Si

PROGRAM STUDI PENDIDIKAN KIMIA
JURUSAN PENDIDIKAN MIPA
UNIVERSITAS PALANGKARAYA
2017



A. Pengertian E-learning

Elearning adalah kegiatan atau proses pembelajaran yang sebagian atau seluruhnya dilaksanakan dengan memanfaatkan internet.

Peningkatan sumber daya manusia di Indonesia memunculkan ide-ide baru sehingga media pembelajaran elektronik mulai berkembang dan digunakan di sekolah. Banyak penelitian mahasiswa yang menghasilkan produk pendidikan, seperti video animasi kimia, web pembelajaran kimia, multimedia interaktif kimia, kamus digital, ensiklopedi digital, dll.

B. Pengertian Web Pembelajaran

Website adalah sering juga disebut web, dapat diartikan suatu kumpulan-kumpulan halaman yang menampilkan berbagai macam informasi teks, data, gambar diam ataupun bergerak, suara, video maupun gabungan dari semuanya, yang mana membentuk satu rangkaian yang saling berkaitan di mana masing-masing dihubungkan dengan jaringan halaman atau hyperlink.

Elearning berbasis web merupakan media pembelajaran menggunakan perangkat elektronik berbasis website. Dengan media ini, materi pelajaran dapat dimasukkan kedalam suatu sistem website yang bisa diakses oleh siswa. Proses belajar mengajar yang dapat dilakukan dengan menggunakan media ini dapat berupa diskusi, kuis, chatting, ulangan harian bahkan ulangan semester sekolah.


C. Tujuan Penggunaan Web Pembelajaran

Beberapa tujuan penggunaan web pembelajaran sebagai berikut:

• Memudahkan guru dan siswa dalam proses belajar mengajar

• Mengoptimalkan penggunaan teknologi informasi dalam pembelajaran

• Meningkatkan minat dan motivasi siswa dalam belajar

D. Instrumen Penilaian Web Pembelajaran

Dalam penilaian suatu website pembelajaran perlu diperhatikan beberapa instrumen penilaian web pembelajaran agar dapat dipastikan apakah web tersebut baik atau tidaknya.



E. Kelebihan Web Pembelajaran

Menurut Rusman (2009:118), ada lima kelebihan pembelajaran berbasis web yaitu:

o Access is available anytime, anywhere, around the globe (akses tersedia kapanpun, dimana pun, di seluruh dunia)

o Per-student equipment costs are affordable (biaya operasional setiap siswa untuk mengikuti kegiatan pembelajaran menjadi lebih terjangkau)

o Student tracking is made easy (pengawasan terhadap perkembanga siswa jadi lebih mudah)

o Possible “learning object” architecture supports on demand personalized learning (rancangan pembelajaran berbasis web memungkinkan dilakukannya kegiatan pembelajaran yang sudah terpersonalisasi)

o Contentisealy update (materi pembelajaran bisa diperbarui secara lebih mudah)


F. Kekurangan Web Pembelajaran

Adapun beberapa kekurangan web pembelajaran, yaitu:

o Keberhasilan pembelajaran berbasis web bergantung pada kemandirian dan motivasi pembelajaran

o Akses untuk mengikuti pembelajaran dengan menggunakan web seringkali menjadi masalah bagi pembelajaran

o Dibutuhkan panduan bagi pembelajaran untuk mencari informasi yang relevan, karena informasi yang terdapat di dalam web sangat beragam

o Dengan menggunakan pembelajaran berbasis web, pembelajaran kadang merasa terisolasi, terutama jika terdapat keterbatasan dalam fasilitas komunikasi


G. Review Web Pembelajaran Kimia

Sumber: https://yuniseka.wordpress.com/bahan-ajar-kimia/kimia-kelas-xi/semester-ii/sistem-koloid/

Berdasarkan instrumen penilaian web pembelajaran, dapat disimpulkan beberapa kelebihan dan kekurangan website tersebut sebagai berikut:

· Kelebihan

1. Penggunaan

Ditinjau dari segi pengunaannya, website tersebut memenuhi kriteria penilaian di mana terdapat petunjuk penggunaan, efisiensi program, dan keunggulan program sebagai berikut:



2. Struktur navigasi

Ditinjau dari struktur navigasi, website ini memiliki struktur navigasi yang memudahkan pengunjung web dalam mencari informasi dalam web tersebut.

3. Desain grafis

Ditinjau dari segi desain grafisnya, website ini memenuhi kriteria seperti ada gambar, teks, simbol, dan video. Dari segi etika gambar, gambar yang tercantumkan baik dan sesuai materinya. Video yang dicantumkan dalam website juga terdiri dari beberapa video dengan suara video yang nyaring serta video yang ditampilkan unik.


4. Isi

Ditinjau dari segi isi, materi yang disajikan sangat bagus untuk kalangan pelajar atau mahasiswa yang membutuhkan informasi mengenai sistem koloid. Bahasa yang digunakan juga mudah dipahami.



5. Kemampuan Akses

Ditinjau dari segi kemampuan aksesnya, website ini dapat di akses dari berbagai software dan hardware. Dimana softwarenya yaitu mozilla firefox, internet explorer, google croom, dan lain sebagainya. Untuk hardware nya yaitu laptop, komputer, handphone, dan lain sebagainya

6. Kecepatan Akses

Ditinjau dari kecepatan aksesnya website ini cukup cepat untuk di akses, hal ini kemungkinan karena kapasitas dari wdsite itu sendiri tidak terlalu besar.

Kekurangan

Berdasarkan instrumen penilaian website pembelajaran di atas, dalam review ini terdapat beberapa kekurangan web yang dijadikan sampel, yaitu:

1. Tampilannya kurang menarik, dan backgroundnya masih polos.

2. Kursornya tidak bervariasi

3. Biografi Pembuat WEB Pembelajaran tidak dicantumkan dengan jelas.

4. Tidak terdapat audio dan animasi dalam Web Pembelajaran materi tentang Sistem Koloid

H. Kesimpulan

Berdasarkan kelebihan dan kekurangan Website Pembelajaran Kimia yang telah direview, dapat disimpulkan bahwa website pembelajaran tersebut memenuhi kriteria instrumen penilaian website pembelajaran karena lebih dominan kelebihan daripada kekurangan website tersebut.


0 komentar:

Post a Comment