Wednesday, April 5, 2017

Media Pembelajaran PowerPoint (PPT)

Kelompok 5:
1. Gusmila
2. Sri
3. Sakti
4. Fitriani
5. Denada
6. Lidya
7. M. Ari Setyo
8. Siska
9. Luthfi

PENDAHULUAN

Media pembelajaran meupakan suatu alat yang digunakan dalam pembelajara untuk mencipkan suasana belajar yang menyenangkan. pembelajaran diartikan sebagai proses penciptaan lingkungan yang memungkinkan terjadinya proses belajar. Jadi dalam pembelajaran yang utama adalah bagaimana siswa belajar. Belajar dalam pengertian aktifitas mental siswa dalam berinteraksi dengan lingkungan yang menghasilkan perubahan perilaku yangbersifat relatif konstan. Dengan demikian aspek yang menjadi penting dalam aktifitas belajar adalah lingkungan. Bagaimana lingkungan ini diciptakan dengan menata unsur‐unsurnya sehingga dapat mengubah perilaku siswa.

Ada berbagai macam media yang bisa digunakan dalam pembelajaran ada media visual, media audio dan media audio visual. Penggunaan ketiga media tersebut bisa digunakan secara bersaamaan atau secara terpisah tergantung pada tema pembelajaran yang akan kita ajarkan. Media audio lebih mengacu kepada indra pendengaran, media visual lebih merujuk kepada indra penglihatan sedangkan penggabungan kedua media tersebut yang dikenal dengan media audiovisual menggabungkan kedua fungsi indra yaitu indra penglihatan dan pendengaran. Penggabungan media dalam pembelajaran biasa disebut multimedia, dalam artian, apabila kedua konsep tersebut kita gabungkan maka multimedia pembelajaran dapat diartikan sebagai aplikasi multimedia yang dignakan dalam proses pembelajran, dengan kata lain untuk menyalurkan pesan (pengetahuan, keterampilan dan sikap) serta dapat merangsang piliran, perasaan, perhatian dan kemauan yang belajar sehingga secara sengaja proses belajar terjadi, bertujuan dan terkendali.

Multimedia terbagi menjadi dua kategori, yaitu: multimedia linier dan multimedia interaktif. Multimedia linier adalah suatu multimedia yang tidak dilengkapi dengan alat pengontrol apapun yang dapat dioperasikan oleh penguna. Multimedia ini berjalan sekuensial (berurutan). Sedangkan multimedia interaktif adalah suatu multimedia yang dilengkapi dengan alat pengontrol yang dapat dioperasikan oleh pengguna, sehingga pengguna dapat memilih apa yang dikehendaki untuk proses selanjutnya. Dalam artikel ini akan mereview sebuah powerpoint pembelajaran dengan materi struktur atom.



A. Review
Dibagian pendahuluan telah di jelaskan bahwa multimedia interaktif adalah suatu multimedia yang dilengkapi dengan alat pengontrol yang dapat dioperasikan oleh pengguna, sehingga pengguna dapat memilih apa yang dikehendaki untuk proses selanjutnya. Contoh multimedia interaktif adalah: multimedia pembelajaran interaktif, aplikasi game, dan CD interaktif.

Secara Umum dijelaskan bahwa media pembelajaran ini dibuat dan di sediakan di www.psb-psma.org. Powerpoint ini terdiri dari 35 Slide , Pembahasan Struktur Atom.

Slide Pertama : Pembukaan

Slide Kedua dan Ketiga : SK, KD dan Tujuan Pembelajaran

Slide Keempat s/d Tujuh Belas : Materi

Sisanya adalah Evaluasi dan daftar Pustaka



Slide ini di Buat dengan Tujuan Interaktif

Jadi, pengguna bisa memindahkan slide tidak hanya linear sehingga kita bisa memilih langsung materi, atau evauasi dengan mengklik menu yang kita inginkan.

Slide ini menurut kami sangat bagus untuk setiap kalangan baik guru maupun siswa, karena hyperlink antar slidenya sangat bagus mengaturnya sehingga dapat interaktif.

Untuk Materi yang diajarkan di powerpoint ini pembukanya juga bagus karena memberikan gambaran pada fenomena keseharian sehingga siswa dapat merasakan bahwa ilmu kimia sangat dekat dengan kehidupan sehari-hari.

Namun dari porsi materi dengan jumlah slide sangatlah terbilang sedikit. Olehkarena itu perlu pengembangan materi oleh guru ketika mengajar dengan slide ini.

Untuk Soal Latihan. Terdapat soal dalam bentuk Essay

Yang kemudian dislide selanjutnya slide pembahasan dari soal tersebut

Untuk evaluasi dalam bentuk pilihan ganda, setiap pilihandiberi fasilitas link ke hasil jawaban. Sehingga, media ini interaktif apabila ditampilkan ke siswa menarik karena siswa dapat lansung menggetahui jawaban benar dan salah


a. Teks

Teks adalah simbol berupa medium visual yang digunakan untuk menjelaskan bahasa lisan. Teks memiliki berbagai macam jenis bentuk atau tipe (sebagai contoh: Time New Roman, Arial, Comic San MS), berbagai macam ukuran dan wana. Satuan dari ukuran suatu teks terdiri dari length dan size. Length biasanya menyatakan banyaknya teks dalam sebuah kata atau halaman. Size menyatakan ukuran besar atau kecil suatu huruf. Standar teks memiliki size 10 atau 12 poin. Semakin besar size suatu huruf maka semakin tampak besar ukuran huruf tersebut. Dari powerpoint tersebut sudah memakai font dengan ukuran pas sehingga jelas ketika dipresentasikan

b. Grafik

Grafik adalah suatu medium berbasis visual. Seluruh gambar dua dimensi adalah grafik. Apabila gambar di render dalam bentuk tiga dimensi (3D), biasanya tetap disajikan melalui medium dua dimensi. Hal ini termasuk gambar yang disajikan lewat kertas, televisi ataupun layar monitor. Grafik bisa saja menyajikan kenyataan (reality) atau hanya berbentuk ikonik. Contoh grafik yang menyajikan kenyataan adalah foto, dan contoh grafik yang berbentuk ikonik adalah kartun seperti gambar yang biasa dipasang dipintu toilet untuk membedakan toilet laki-laki dan perempuan. Powerpoint yang dibuat sudah menggambarkan materi struktur atom sevisualisasi mungkin sehingga bayangan anak dapat diarahkan

c. Audio

Audio atau medium berbasis suara adalah segala sesuatu yang bisa didengar dengan menggunakan indera pendengaran. Contoh: narasi, lagu, sound effect, back sound. Dalam slide ini tidak terdapat sound effect hanya ada sound ketika kita mengklik menu.

d. Interaktivitas

Interaktivitas bukanlah medium, interaktivitas adalah rancangan dibalik suatu program multimedia. Interaktivitas mengijinkan seseorang untuk mengakses berbagai macam bentuk media atau jalur didalam suatu program multimedia sehingga program tersebut dapat lebih berarti dan lebih memberikan kepuasan bagi pengguna. Interaktivitas dapat disebut juga sebagai interface design atau human factor design. Interaktivitas dapat dibagi menjadi dua macam struktur, yakni struktur linear dan struktur non linear. Struktur linear menyediakan satu pilihan situasi saja kepada pengguna sedangkan struktur nonlinear terdiri dari berbagai macam pilihan kepada pengguna. Powerpoin ini sangat interaktif pembuat menggunakan fasilitas hyperlink antar slide secara maksimal

B. Keunggulan
memberikan bantuan bahan ajar untuk guru, sehingga guru dapat dengan mudah
terdapat latihan soal sebagai alat evaluasi ketika materi in diajarkan.
Tercantum tujuan belajar yang ingin dicpai, sehingga Guru dan murid dapat mengetahui tujuan pembelajaran pada saat materi tersebut diajarkan.
Media ini dibuat sangat interaktif sehingga membantu guru yang belum mahir menggunakan powerpoint untuk dapat menggunakannya dengan mudah.
Dapat menarik perhatian siswa dalam proses belajar mengajar karena media ini sangat menarik, seperti dengan menggunakan powerpoint.
Dapat membangun motivasi siswa dalam belajar .
Dapat menjadi bahan ajar mandiri bagi siswa

Terdapat daftar pustaka jika ingin mengecek sumber belajar secara langsung.

C. Kekurangan Media Pembelajaran Interaktif
Media interaktif ini memerlukan perencanaan yang matang dalam pelaksaannya karena untuk membuat dan mempelajari powerpoint dibutuhkan waktu yang tidak sedikit.

Tidak semua orang bisa menggunakan komputer dan tidak semua orang bisa membuat powerpoint.
Kalau design yang dibuat dalam powerpoint buruk maka siswa akan merasa bosan dalam memperhatikan penjelasan dari guru sehingga materi pelajaran tidak akan tersampaikan dengan baik.
Beberapa Link juga gagal tercantum
Marker pembuat dan situs sangat mengganggu slide, seharusnya marker atau situs penyedia diletakkan diakhir slide saja

D. Kesimpulan
Perolehan pengetahuan siswa seperti yang digambarkan oleh kerucut pengalaman Edgar dale bahwa pengetahuan akan semakin abstrak apabila pesan hanya disampaikan melalui kata verbal. Hal ini memungkinkan terjadinya verbalisme. Artinya siswa hanya mengetahui tentang kata tanpa memahami dan mengerti makna yang terkandung didalamnya. Hal semacam ini akan menimbulkan kesalahan persepsi siswa. Oleh sebab itu, sebaiknya siswa memiliki pengalaman yang lebih konkrit, pesan yang ingin disampaikan benar-benar dapat mencapai sasaran dan tujuan. Untuk mencegah hal itu maka seorang guru memerlukan media dalam proses pembelajarannya, ada berbagai macam media yang bisa digunakan oleh guru ada media audio, visual dan media audiovisual.

Media pembelajaran adalah bahan, alat, maupun metode/teknik yang digunakan dalam kegiatan belajar mengajar dengan maksud agar proses interaksi komunikasi edukatif antara guru dan anak didik dapat berlangsung secara efektif dan efesien sesuai dengan tujuan pengajaran yang telah dicita-citakan. Dalam Suatu proses belajar mengajar, dua unsur yang amat penting adalah metode mengajar dan media pembelajaran. Dengan menggunakan media dalam proses belajar maka pembelajaran akan lebih menarik, lebih interaktif, jumlah waktu mengajar dapat dikurangi, kualitas belajar siswa dapat ditingkatkan dan proses belajar mengajar dapat dilakukan di mana dan kapan saja, serta sikap belajar siswa dapat ditingkatkan. Bahan ajar berupa powerpoint tersebut dapat digunakan secara maksimal oleh guru untuk menambah minat belajar siswa

0 komentar:

Post a Comment