Friday, March 31, 2017

Pengantar Kimia Dasar


BUKU TEKS PENGANTAR KIMIA


Yashito Takeuchi,

diterjemahkan dari versi Bahasa Inggrisnya

oleh Ismunandar

MUKI KAGAKU by Taro Saito

© 2006 by Yashito Takeuchi

Reproduced by permission of Iwanami Shoten, Publishers, Tokyo

Sesuai dengan kesepakatan dengan Iwamani Shoten, buku online ini, hanya diperbolehkan digunakan dalam bentuk file elektronik, digunakan hanya untuk tujuan

pendidikan, untuk guru, siswa, dosen, dan mahasiswa sarjana dan pascasarjana. Tidak boleh didistribusikan dalam bentuk tercetak.

Pengantar Kimia


Pengantar Penerjemah

Untuk mengatasi keterbatasan akses pada buku teks dan masalah bahasa, maka saya berinisiatif menerjemahkan buku elektronik ini, yang dapat diakses gratis. Buku versi internet ini adalah sebagai buku gratis untuk mahasiswa yang memiliki akses terbatas pada buku cetak dan menghadapai masalah bahasa dalam membaca buku bahasa asing. Saya berharap pembaca dapat mengambil manfaat dari buku ini. Saya menyampaikan terimakasih kepada Professor Ito atas bantuannya merealisasikan proyek ini dan kepada Iwanami Publishing Company yang mengizinkan publikasi edisi internet tanpa mengklaim royalty. Terimakasih pula kepada Dr. Bambang Prijamboedi yang telah membaca dan memberikan beberapa koreksi akhir.

Ismunandar

Prakata Buku teks ini awalnya ditulis dalam bahasa Jepang sebagai volume pertama seri “Pengantar Kimia” (ada total delapan buku) yang diterbitkan oleh Iwanami Publishing Co. pada tahun 1996. Tujuan penulis menulis buku teks, ”Kimia Dasar”, adalah memberikan petunjuk kompak pda kimia modern tidak hanya bagi mahasiswa tahun pertama yang akan berkonsentrasi pada bidang sains/teknologi, tetapi juga bagi apa yang disebut sebagai pelajar “seni” atau warga masyarakat umum. Akibatnya, tidak terlalu banyak matematik. Namun, sejumlah cukup halaman dialokasikan sebagai pendahuluan pada kimia struktural (Bab 1-4). Menurut penulis, konsep of orbital dan geometrinya merupakan bagian yang paling penting kimia dasar. Tanpa pengetahuan ini, seseorang tidak akan pernah memahami bagian penting kimia modern, yakni hubungan struktur molekular dan fungsinya. Bagian kedua dalam Bab 11-13. Dengan mempelajari bab-bab ini, pelajar dapat melihat apa yang dilakukan kimiawan (khususnya kimiawan di laboratorium) dalam kesehariannya di laboratorium. Pelajar dapat pada saat yang sama mempelajari rasa metodologi kimia modern. Akhirnya, bab 14 secara ringkas memaparkan aspek sosiologi kimia modern yang secara alami mencakup isu lingkungan. Peran kimia dalam mempertahankan masyarakat yang berkelanjutan juga didiskusikan. Harus disampaikan bahwa penggunaan model moekular (misalnya model molekular HGS) akan membuat studi beberapa bab (khususnya bab 1, 2, 3 dan 9) jauh lebih mudah. Alasannya jelas. Molekul adalah objek 3-dimensi. Struktur molekular yang dicetak di buku ini jelas berupa gambar 2-dimensi. Kemampuan gambar 2-dimensi untuk menampilkan informasi 3-dimensi jelas terbatas. Akhirnya pengarang ingin menyampaikan terimakasih yang tulus pada Prof. M. M. Ito, anggota IUPAC CCE, atas usaha kerasnya dari awal proyek ini. Tanpa inisiatif dan kerjanya, proyek ini tidak akan pernah terwujud. Penulis juga memberikan penghargaan yang tinggi pada bantuan Professor Emeritus E. E. Daub, University of Wisconsin, atas kebaikannya memikul tanggung jawab membaca manuskrip berbahasa Inggris dan memberikan masukkan.

Buku ini ditulis dengan memperhatikan penulisan yang di dasarkan pada metode ilmiah. Buku ini juga berisi latihan soal yang bagus digunakan untuk persiapan latihan soal un kimia bagi siswa SMA.

Download bukunya

Download Sekarang

0 komentar:

Post a Comment