Wednesday, March 8, 2017

Pembelajaran Kooperatif: Tim Siswa

Metode Pembelajaran Tim Siswa  adalah teknik pembelajaran kooperatif yang dikembangkan dan diteliti secara luas di John Hopkins University. Sekarang telah diteliti secara luas di Indonesia baik pada tingkat sekolah maupun universitas.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa semua metode pembelajaran kooperatif menyumbangkan ide bahwa siswa yang bekerja sama dalam belajar dan bertanggung jawab terhadap timnya mampu belajar sama baikknya. Metode pembelajaran tim siswa menekankan pada pemberian tugas-tugas pada siswa bukan untuk melakukan sesuatu sebagai sebuah tim, tetapi belajar sesuatu sebagai sebuah tim.

Tiga hal penting dalam menerapkan semua metode pembelajaran tim siswa yaitu, penghargaan tim, tanggung jawab individu, dan kesempatan meraih keberhasilan yang sama. Tim akan mendapat penghargaan atau sertifikat jika berhasil meraih atau melampaui kriteria tertentu. Tanggung jawab individu dimaksudkan bahwa keberhasilan tim bergantung pada pembelajaran masing-masing anggota tim. Tanggung jawab diberikan kepada setiap anggota supaya siap untuk mengerjakan kuis atau bentuk penilaian lainnya tanpa bantuan teman satu tim ketika mengerjakannya. Kesempatan meraih keberhasilan yang sama dimaksudkan bahwa setiap anggota memberi kontribusi terhadap nilai timnya. Oleh karena itu, setiap anggota tim akan memberikan kinerja yang terbaik bagi timnya, baik siswa dengan prestasi tinggi, sedang dan rendah.

Penelitian mengenai metode pembelajaran kooperatif telah mengindikasikan bahwa penghargaan tim dan tanggung jawab individu sangat penting untuk meningkatkan prestasi kemampuan dasar siswa (Slavin, 2009).

Metode Pembelajaran Kooperatif yang dapat diadaptasi pada hampir semua pembelajaran dikelas adalah Student Team - Achievement Division (STAD), Team-Games-Tournament (TGT) dan Jigsaw II. Metode Pembelajaran kooperatif yang khusus untuk meningkatkan kemampuan mengarang dan membaca adalah metode pembelajaran kooperatif yang disebut Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC). Metode Pembelajaran kooperatif untuk mata pelajaran matematika adalah Team Accelerated Instruction (TAI). Semua metode pembelajaran kooperatif ini melibatkan penghargaan tim, tanggung jawab individu,dan kesempatan meraih keberhasilan yang sama.

0 komentar:

Post a Comment