Pembelajaran Kooperatif: Student Team - Achievement Division (STAD)

Dalam Pembelajaran Kooperatif: Student Team - Achievement Division (STAD), para siswa dibagi dalam tim belajar yang terdiri atas empat orang yang berbeda-beda tingkat prestasinya atau kemampuannya, jenis kelaminnya dan latar belakangnya.

Guru menyampaikan materi pelajaran kepada siswa, kemudian siswa bekerja dalam tim untuk memastikan semua anggota telah menguasai materi pelajaran. Siswa diberikan kuis atau bentuk penilaian lainnya yang dikerjakan sendiri oleh masing-masing anggota tim dan tidak boleh saling bantu saat mengerjakan. Tim diberi poin berdasarkan kemajuan masing-masing anggota tim setiap minggunya atau setiap periode pemberian kuis. Biasanya 3-5 periode pembelajaran kelas.

Gagasan utama dari STAD adalah untuk memotivasi siswa supaya dapat saling membantu dan saling memotivasi satu sama lain dalam menguasai kompetensi yang diajarkan guru. Jika para siswa ingin berhasil dan mendapat penghargaan tim, mereka harus membantu teman satu timnya untuk mempelajari materinya agar siap mengerjakan kuis atau bentuk penilaian lainnya.

Walaupun mereka satu tim, siswa tidak boleh saling bantu ketika mengerjakan kuis. Tiap siswa harus tahu materinya dan telah menguasainya. Tanggung jawab individu adalah satu-satunya cara agar tim berhasil dan memperoleh penghargaan atau sertifikat. Karena skor tim bergantung pada kemajuan tiap anggota tim.

Pembelajaran Kooperatif Student Team - Achievement Division (STAD) merupakan salah satu metode pembelajara kooperatif yang paling sederhana, dan merupakan model yang paling baik untuk pendidik pemula yang baru menggunakan pendekatan kooperatif atau model pembelajaran kooperatif.

Pembelajaran Kooperatif Student Team - Achievement Division (STAD) terdiri atas lima komponen utama, yaitu:
1. Presentasi Kelas
2. Tim
3. Kuis
4. Skor Kemajuan Individu
5. Penghargaan

Penjelasan komponen-komponen Pembelajaran Kooperatif Student Team - Achievement Division (STAD) sebagai berikut:

1. Presentasi Kelas
Materi dalam Pembelajaran Kooperatif Student Team - Achievement Division (STAD) disampaikan dalam presentasi kelas. Ini merupakan pengajaran langsung seperti ceramah yang sering dilakukan oleh guru atau dapat juga diskusi kelas yang dipimpin oleh guru, dapat juga disisipkan dengan presentasi audiovisual. Fokus presentasi harus bertalian dengan komponen-komponen Pembelajaran Kooperatif Student Team - Achievement Division (STAD). Siswa harus benar-benar memperhatikan ketika presentasi kelas.

2. Tim
Tim terdiri dari empat siswa yang mewakili seluruh bagian  dari kelas dalam hal prestasi akademik. Fungsi utama dari tim adalah untuk memastikan bahwa semua anggota tim benar-benar belajar, dan lebih khusus lagi untuk mempersiapkan anggotanya agar dapat mengerjakan kuis dengan baik. Setelah guru presentasi, siswa berkumpul dalam tim mempelajari lembar kegiatan atau materi tambahan. Biasanya yang dilakukan siswa membahas masalah bersama, membandingkan jawaban dan mengkoreksi tiap kesalahan jawaban yang dibuat anggota tim.Tim adalah ciri utama Pembelajaran Kooperatif Student Team - Achievement Division (STAD). Setiap poin dikumpulkan berdasarkan kinerja terbaik setiap anggota tim setiap minggunya atau setiap periode kuis.

3. Kuis
Setelah satu atau dua periode pembelajaran, guru dapat memberikan kuis individual. Para siswa tidak boleh saling membantu ketika mengerjakan tugas. Sehingga setiap anggota bertanggung jawab secara individu untuk memahami materi pelajaran.

4. Skor Kemajuan Individu
Skor kemajuan individu dimaksudkan untuk memberikan kepada setiap siswa tujuan kinerja yang akan dicapai apabila mereka belajar lebih giat  dan memberikan kinerja yang lebih baik setiap minggunya. Tiap siswa dapat memberikan kontribusi poin yang maksimal dengan memberikan usaha yang terbaik. Setiap siswa diberi skor awal dari hasil kinerja sebelumnya.

5. Penghargaan
Tim akan mendapatkan penghargaan atau sertifikat apabila skor rata-rata tim  mencapai kriteria tertentu. Skor tim dapat digunakan untuk menentukan 10-20% peringkat siswa atau penentuan nilai akhir siswa.

Persiapan Pembelajaran Kooperatif Student Team - Achievement Division (STAD).

1. Materi
Materi Pembelajaran Kooperatif Student Team - Achievement Division (STAD) dapat dikembangkan oleh guru. Guru cukup membuat sebuah lembar kegiatan siswa dan sebuah lembar jawaban siswa, serta sebuah kuis untu setiap satuan pembelajaran yang direncanakan.

2. Membagi para siswa ke dalam tim.
Tim-tim dalam Pembelajaran Kooperatif Student Team - Achievement Division (STAD) mewakili seluruh bagian di dalam kelas. Tim terdiri dari siswa berprestasi tinggi, sedang dan rendah.

3. Menentukan skor awal.
Skor awal dapat diperoleh dari rata-rata kuis sebelumnya atau dari hasil kinerja sebelumnya. Berikut cara membagi siswa ke dalam tim lihat tabel 1.

Tabel 1. Membagi siswa ke dalam tim

4. Pengajaran atau presentasi kelas
 Tiap pelajaran dalam Pembelajaran Kooperatif Student Team - Achievement Division (STAD) dimulai dengan presentasi kelas. Presentasi harus mencakup pembukaan,pengembangan, dan pengarahan praktis atau pedoman pelaksanaan

5. Kuis atau tes atau ujian
Berikan kuis kepada siswa secara individual. Jangan biarkan siswa bekerja sama saat mengerjakan kuis.

6. Menghitung skor individual dan tim
Sesegera mungkin melakukan penghitungan skor pada setiap kuis,danberikan penghargaan atau sertifikat kepada tim yang memenuhi kriteria. Jika mungkin umumkan skor setiap periode kuis.

Poin Kemajuan Siswa
Siswa mengumpulkan poin untuk tim berdasarkan tingkat skor kuis mereka.

Tabel 2. Skor Kuis

Skor tim
Untuk menghitung skor tim catatlah seluruh poin kemajuan siswa dalam tim dan bagi dengan jumlah  anggota tim.

7. Memberikan Penghargaan
Tiga macam tingkat penghargaan yang umum digunakan.

Tabel 3. Kriteria Penghargaan Tim


Dalam pembelajaran kooperatif STAD semua tim dapat meraih penghargaan dan tim tidak berkompetisi satu sama lain.
Share:

No comments:

Post a Comment

Post Populer

BERLANGGANAN

ANGGOTA

Blog Archive

Post Terbaru