Sunday, March 26, 2017

CARA MUDAH MENGHILANGKAN KETOMBE

CARA MUDAH MENGHILANGKAN KETOMBE SECARA ALAMI


Salah satu masalah yang banyak menghinggapi kesehatan rambut dan kulit kepala adalah ketombe. Jangan khawatir, dengan cara perawatan rambut yang tepat, gatal-gatal dan serpihan putih yang mengotori pakaian itu dapat dihilangkan. Namun memilih cara menghilangkan ketombe harus diawali dengan mengetahui jenis dan penyebab ketombe.

Ketombe adalah penumpahan sel-sel kulit mati dari kulit kepala . Sebagai sel-sel kulit mati, sejumlah kecil pengelupasan adalah hal yang normal; sekitar 487.000 sel /cm2 dapat dirilis secara normal setelah pengobatan dengan shampoo anti ketombe. Beberapa orang, bagaimanapun, mengalami jumlah sel mati yang luar biasa besar dalam pengelupasan baik kronis ataupun sebagai akibat dari pemicu tertentu, hingga mencapai 800.000 sel /cm2, yang juga dapat disertai dengan kemerahan dan iritasi .

Ketombe adalah kelainan kulit kepala yang umumnya mempengaruhi hampir setengah dari populasi pada usia pasca-pubertas dan dari setiap jenis kelamin dan etnis. Hal ini sering menyebabkan gatal. Peran kunci dalam ekspresi dan generasi reaksi imunologi selama pembentukan ketombe. Tingkat keparahan ketombe dapat berfluktuasi dengan musim biasanya yang sering memburuk pada musim dingin. Ketombe jarang terjadi sebelum pubertas, puncaknya pada remaja dan awal dua puluhan, dan penurunan dengan usia setelahnya. Kebanyakan kasus ketombe dapat diobati hanya dengan shampoo anti ketombe.

Mereka yang terkena dampak ketombe menemukan bahwa hal itu dapat menyebabkan masalah sosial atau harga diri, karena menunjukkan perawatan untuk kedua alasan psikologis dan fisiologis.

Penyebab Ketombe

Ketombe dapat memiliki beberapa penyebab, termasuk kulit kering, dermatitis seboroik, tidak membersihkan / keramas yang cukup, atau keramas terlalu sering, psoriasis, eksim ,kepekaan/tidak cocok terhadap produk perawatan rambut tertentu, atau karena jamur seperti ragi. Kulit kering adalah penyebab paling umum dari mengelupas ketombe.

Sebagai epidermis lapisan terus menggantikan dirinya, sel didorong ke luar di mana mereka akhirnya mati dan mengelupas. Bagi kebanyakan orang, serpihan tersebut dari kulit terlalu kecil untuk terlihat. Namun, kondisi tertentu menyebabkan pergantian sel untuk menjadi luar biasa cepat, terutama di kulit kepala. Ini adalah hipotesis bahwa bagi orang-orang dengan ketombe, sel-sel kulit mati dan ditumpahkan pada 2-7 hari, sebagai hipotesis tandingan sekitar satu bulan pada orang tanpa ketombe. Hasilnya adalah bahwa sel-sel kulit mati ada dalam jumlah besar pada rambut berminyak, yang muncul sebagai bercak putih atau keabu-abuan pada kulit kepala, kulit dan pakaian.

Menurut sebuah penelitian, ketombe telah terbukti mungkin merupakan hasil dari tiga faktor:
1.Minyak kulit sering disebut sebagai sebum atau sebaceous sekresi
2.Metabolisme oleh produk mikro-organisme pada kulit kepala (paling khusus Malassezia atau  ragi )
3.Kerentanan individu dan sensitivitas alergi.

Mikroorganisme

Menurut penelitian tahun 2016, bakteri (terutama Propionibacterium dan Staphylococcus ) yang lebih berperan utama dalam pembentukan ketombe dari jamur. Kehadiran bakteri pada gilirannya dipengaruhi oleh air dan jumlah sebum.

Literatur lama mengutip jamur Malassezia furfur (sebelumnya dikenal sebagai Pityrosporum ovale) sebagai penyebab ketombe. Sementara spesies ini tidak terjadi secara alami pada permukaan kulit dari kedua orang sehat dan orang-orang dengan ketombe, pada tahun 2007 ditemukan bahwa agen yang bertanggung jawab adalah jamur kulit kepala yaitu jenis jamur tertentu, seperti Malassezia globosa, yang memetabolisme trigliserida dalam sebum oleh ekspresi lipase, menghasilkan lipid sampingan asam oleat (OA). Selama pembentukan ketombe, tingkat Malassezia meningkat 1,5 sampai 2 kali tingkat normal. Penetrasi oleh OA dari lapisan atas epidermis, stratum korneum, hasil dari respon inflamasi pada orang yang rentan tergganggu homeostasis dan hasil dari pembelahan sel stratum korneum tertentu.
Dermatitis Seboroik

Dermatis seboroik yaitu kemerahan dan gatal yang sering terjadi di sekitar lipatan daerah hidung dan alis, bukan hanya pada kulit kepala. Kering, tebal, lesi kira-kira didefinisikan dengan baik seperti itu, yang terlihat besar, bersisik dan keperakan dapat ditelusuri pada penderita  kulit kepala psoriasis . Peradangan dapat ditandai dengan kemerahan, panas, nyeri, bengkak dan dapat menyebabkan sensitivitas.

Peradangan dan perluasan skala luar kulit kepala mengecualikan diagnosis ketombe dari dermatitis seboroik  Namun, banyak laporan menunjukkan adanya hubungan yang jelas antara dua entitas klinis - bentuk paling ringan dari presentasi klinis dermatitis seboroik sebagai ketombe, di mana peradangan minimal dan tetap subklinis.

Perubahan musim, stres, dan imunosupresi tampaknya mempengaruhi dermatitis seboroik.
Mekanisme

Skala ketombe adalah sekelompok corneocytes, yang telah mempertahankan kohesi dengan satu sama lain dan melepaskan seperti dari permukaan stratum korneum. Sebuah corneocyte adalah kompleks protein yang terbuat dari benang kecil keratin dengan matriks terorganisir. Ukuran dan kelimpahan dengan skala yang heterogen dari satu situs ke situs lainnya dan dari waktu ke waktu. Parakeratosis sel sering membuat bagian dari ketombe. Jumlah mereka terkait dengan keparahan manifestasi klinis, yang mungkin juga dipengaruhi oleh seborrhea.
Pengobatan

Gunakan shampoo yang mengandung ketokonazol

Shampoo yang menggunakan kombinasi bahan-bahan khusus untuk mengontrol ketombe.
misal yang mengandung Antijamur

Perawatan antijamur telah ditemukan untuk menjadi efektif antara ketokonazol , zinc pyrithione dan selenium disulfida .ketokonazol sebagai shampoo tampaknya menjadi yang paling efektif.

Ketokonazol memiliki spektrum yang luas, agen antimycotic yang aktif terhadap Candida dan M. furfur.Dari semua imidazol, ketoconazole telah menjadi pesaing utama di antara pilihan pengobatan karena efektivitasnya dalam mengobati dermatitis seboroik juga.

Ciclopirox banyak digunakan sebagai agen anti-ketombe di sebagian besar shampoo.

Rekomendasi Shampoo:
Head & Shoulders anti ketombe/anti dandruff
Clear Anti Ketombe/ anti dandruff
Pantene Anti Ketombe/anti dandruff
Lifebuoy Anti ketombe/anti dandruff
Sunsilk Anti ketombe/ anti dandruff

0 komentar:

Post a Comment