Program Studi Pendidikan Kimia Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Palangka Raya

Definisi Penelitian Deskriptif

Definisi Penelitian Deskriptif
Penelitian deskriptif adalah penelitian yang dirancang untuk menggambarkan subjek penelitian dengan cara yang akurat. Lebih sederhananya, penelitian deskriptif adalah semua tentang deskripsi subjek yang diteliti dalam studi tersebut.

Ada tiga cara yang umum dilakukan peneliti dalam melakukan sebuah proyek penelitian deskriptif, yaitu:



  1. Observasi, penelitian dilakukan dengan metode pengamatan dan membuat rekaman/catatan tentang subjek yang diteliti.
  2. Studi kasus, penelitian dilakukan dengan studi mendalam tentang individu atau sekelompok individu yang diteliti.
  3. Survei, penelitian dilakukan dengan wawancara singkat atau diskusi dengan individu yang diteliti tentang topik tertentu.

Menurut Wardiyanta (2006). jenis penelitian deskriptif adalah penelitian yang bertujuan membuat deskripsi atas suatu fenomena sosial/alam secara sistemalis. faktual. dan akurat.

Menurut Sugiyono (2011) definisi penelitian deskriptif  atau Metode Deskriptif adalah metode yang digunakan untuk menggambarkan atau menganalisis suatu hasil penelitian tetapi tidak digunakan untuk membuat kesimpulan yang lebih luas. Dalam hal ini hasil penelitian bukan untuk digeneralisasikan. Jenis ini dikenal dengan deskriptif kualitatif.

Metode penelitian deskriptif dapat berupa metode yang bertujuan untuk mengetahui sifat serta hubungan yang lebih mendalam antara dua variabel dengan cara mengamati aspek-aspek tertentu secara lebih spesifik untuk memperoleh data yang sesuai dengan masalah yang ada dengan tujuan penelitian, dimana data tersebut diolah, dianalisis, dan diproses lebih lanjut dengan dasar teori-teori yang telah dipelajari sehingga data tersebut dapat ditarik sebuah kesimpulan. Jenis ini dikenal dengan deskriptif asosiatif.

Penelitian deskriptif asosiatif atau jenis penelitian deskriptif asositatif adalah penelitian yang dilakukan untuk mengetahui nilai variabel mandiri, baik satu variabel atau lebih tanpa membuat perbandingan atau menghubungkan dengan variabel yang lain.


Berdasarkan metode yang digunakan, Penelitian deskriptif bertujuan mendeskripsikan permasalahan yang sedang dihadapi pada situasi sekarang. Jenis penelitian ini dibagi menjadi penelitian survei, studi kasus, studi perbandingan, studi korelasi, studi prediksi, studi pertumbuhan, dan studi kecenderungan.

Dilihat dari syarat penelitian deskriptif yang sesuai dengan kegiatan pengembangan profesi guru (mendeskripsikan upaya yang telah dilakukan), maka apabila penelitian seperti ini dilakukan secara terencana oleh peneliti maka dapat dikategorikan sebagai jenis penelitian Pre Experimental Design One Shot Case Study atau One-Group Pretest-Posttest Design. Namun demikian, karena pelaksanaan penelitian dilakukan setelah kejadian berlangsung (ini ciri penelitian deskriptif) maka tetap dikatakan sebagai penelitian deskriptif. Jenis penelitian deskriptif sendiri dapat dikelompokkan dalam tiga kelompok, yaitu 

  1. Apabila hanya mendeskripsikan data apa adanya dan menjelaskan data atau kejadian dengan kalimat-kalimat penjelasan secara kualitatif maka disebut penelitian deskriptif kualitatif; 
  2. Apabila dilakukan analisis data dengan menghubungkan antara satu variabel dengan variabel yang lain maka disebut deskriptif asosiatif; 
  3. Apabila dalam analisis data dilakukan pembandingan maka disebut deskriptif komparatif. 
Penelitian deskriptif yang dilakukan guru harus berorientasi pada pemecahan masalah atau peningkatan mutu pembelajaran maka lebih tepatnya rancangan penelitian deskriptif seperti itu disebut penelitian deskriptif yang berorientasi pada pemecahan masalah atau peningkatan mutu.
Share:

6 comments:

  1. Assalamu'alaikum
    Kalau kita ingin mengetahui pengaruh variabel x terhadap variabel y dengan mnggunakan alat kuisioner itu cocoknya analisi deskriptif yg mana? Terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Deskriptif asosiatif tidak membuat perbandingan kedua variabel. Hanya mendeskripsikan pengaruhnya. Hasil kuedioner uji statistik t dua ekor untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan antara kedua variabel.

      Delete
  2. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  3. kalo boleh tau judul buku sugyono nya apa yahh ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: AFABETA,

      Delete
  4. Sugiyono. 2006. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta

    ReplyDelete

Pengembang

Pengembang

Statistik Pengunjung

Post Populer

ANGGOTA

Ads

Post Terbaru