Definisi Pengertian Penelitian Tindakan Kelas

Awal perkembangan penelitian tindakan kelas.

Penelitian kualitatif dalam bidang pendidikan berkembang sangat pesat melalui berbagai kajian permasalahan pendidikan. Metode-metode, teori-teori ataupun hasil-hasil penelitian telah terakumulasi sehingga membentuk tradisi penelitian yang semakin kompleks.

Selanjutnya penelitian kualitatif berkembang menjadi cabang-cabang spesialisasi seperti etnografi atau fenomenologi (creswell, 1998), grounded teori, penelitian sejarah dan masih banyak cabang ilmu lainnya.

Salah satu bentuk kajian inkuiri yang termasuk penelitian kualitatif adalah penelitian emansipatoris tindakan (emancipatory action research) (Borg dan Gall,2003) yang merupakan studi mikro untuk membangun ekspresi kongkrit dan praktis aspirasi perubahan di dunia sosial atau pendidikan untuk memperbaiki atau meningkatkan kinerja kualitas para praktisinya.

Penelitian emansipatoris tindakan ini, pemakaian atau penamaannya berbeda-beda, misalnya penelitian kelas (classroom research) karena penelitian ini bertujuan untuk perubahan atau perbaikan diruang kelas (Hopkins, 1993). Hopkins menggunakan istilah classroom research in action atau classroom action research. Kemmis (1993) menggunakan istilah educational action research untuk jenis penelitian tindakan yang digunakan untuk menghadapi berbagai masalah dan isu pendidikan. Dalam penelitian pendidikan istilah yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas atau disingkat PTK.

Apa yang disebut penelitian tindakan kelas (PTK)?
Ada banyak persoalan yang dihadapi oleh guru pada waktu ia mengajar di kelas. Berbagai solusi atau penyelesaian masalah juga telah banyak dibahas dalam berbagai telaah penelitian akademik, baik dalam laporan penelitian berbentuk artikel jurnal, skripsi, tesis, ataupun disertasi. Akan tetapi guru sulit memahaminya, apalagi menerapkannya dalam pembelajaran sehari-hari, terutama karena berbagai kendala. Misalnya tidak semua guru memahami teori-toeri yang menjadi landasan ilmiah dan laandasan metodologi atau instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian tersebut.

Pengertian penelitian tindakan kelas, untuk mengidentifikasi penelitian kelas, adalah penelitian yang mengkombinasikan prosedur penelitian dengan tindakan substantif , suatu tindakan yang dilakukan dalam disiplin inkuiri, atau suatu usaha seseorang untuk memahami apa yang sedang terjadi, sambil terlibat dalam sebuah proses perbaikan dan perubahan (Hopkins, 1993).

Rapoport (1970) mengartikan penelitian tindakan kelas untuk membanu guru mengatasi secara praktis persoalan yang dihadapi dalam situasi darurat dan membantu pencapaian tujuan ilmu sosial atau pendidikan dengan kerjasama dalam kerangka etika yang disepakati bersama.

Kemmis (1983) menjelaskan bahwa penelitian tindakan adalah sebuah bentuk inkuiri reflektif yang dilakukan secara kemitraan mengenai situasi sosial tertentu (termasuk pendidikan) untuk meningkatkan rasionalitas dan keadilan dari a) kegiatan praktek sosial atau pendidikan, b) pemahaman guru mengenai kegiatan-kegiatan praktek pendidikan, c) situasi yang memungkinkan terlaksananya kegiatan praktek ini.

Ebbutt (1995) mengemukakan penelitian tindakan adalah kajian sistematik dari upaya perbaikan pelaksanaan praktek pendidikan oleh sekelompok guru dengan melakukan tindakan-tindakan dalam pembelajaran, berdasarkan refleksi mereka mengenai hasil dari tindakan - tindakan tersebut.

Elliot (1991) mendefinisikan penelitian tindakan sebagai kajian dari sebuah situasi sosial dengan kemungkinan tindakan untuk memperbaiki kualitas situasi sosial tersebut.

Rumusan masalah penelitian tindakan kelas.
Bagaimana sekelompok guru dapat mengorganisasikan kondisi praktek pembelajaran mereka, dan belajar dari pengelaman mereka sendiri?
Bgaimana mereka dapat mencobakan sesuatu gagasan perbaikan dalam praktek pembelajaran mereka, dan melihat pengaruh ntata dari upaya tindakan itu?


Share:

No comments:

Post a Comment

Post Populer

BERLANGGANAN

ANGGOTA

Post Terbaru